Ajak Anak Mudik Lebaran, Orang Tua Perlu Perhatikan Beberapa Tips Berikut Ini

Rabu, 29 Maret 2023 - 08:54 WIB
loading...
Ajak Anak Mudik Lebaran, Orang Tua Perlu Perhatikan Beberapa Tips Berikut Ini
Orang tua perlu menyiapkan keperluan untuk anak ketika melakukan perjalanan mudik. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Mudik merupakan momen yang banyak dinantikan sebagian masyarakat Indonesia. Mereka berbondong-bondong pulang ke kampung halaman dalam menyambut perayaan Idul Fitri atau Lebaran.

Para orang tua tentunya tidak lupa untuk membawa serta buah hatinya ketika mudik lebaran. Namun, ada juga yang perlu diperhatikan ketika orang tua mengajak anaknya dalam perjalanan mudik lebaran.

Dokter Spesialis Anak, dr. Kemala Prianggardini, SpA, mengingatkan bahwa orang tua perlu menyiapkan keperluan selama perjalanan, seperti bekal. Dan, bekal yang dibawa haruslah makanan sehat, snack dan obat-obatan yang menunjang perjalanan.



Obat yang perlu dibawa selama perjalanan, kata dr. Kemala, adalah obat batuk dan diare. Pasalnya, kedua penyakit ini paling umum dialami anak-anak selama perjalanan.

"Orang mudik itu yang harus diperhatikan satu, anak itu kondisinya harus sehat jangan dipaksakan. Kedua, orang tua harus membawa bekal, kayak makanan dan cemilan untuk perjalanan," kata dr. Kemala di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

"Terus juga seperti obat-obatan harus dibawa, yang sudah pasti seperti obat diare, dan batuk. Kita beli sendiri di apotek atau secara umum karena ini yang umum dialami," lanjut dia.

Selain itu juga, para orang tua disarankan untuk menjaga kebersihan anak selama perjalanan. "Kita juga harus menjaga higienis atau kebersihan selama perjalanan pada makanan, karena mencegah terjadinya diare diperjalanan," ujarnya.

Untuk diketahui, diare merupakan gangguan buang air besar (BAB) dengan konsistensi lembek atau cair, dan intensitas yang lebih sering dari biasanya.



Biasanya gejalanya tiap orang bisa berbeda-beda, berikut gejala umumnya: kram perut, sakit perut, kembung, sakit perut (mual), kebutuhan mendesak untuk pergi ke kamar mandi, demam, kotoran berdarah, kehilangan cairan tubuh (dehidrasi) atau kotoran bocor, dan tidak bisa mengontrol buang air besar (inkontinensia).
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)